Rabu, 01 Mei 2019

Cara Menghindari Resiko Helm Terlepas Dari Kepala Saat Benturan

Menurut Wikipedia, Helm (bahasa Belanda: Helm) adalah bentuk perlindungan tubuh yang dikenakan di kepala dan biasanya dibuat dari metal atau bahan keras lainnya seperti kevlar, serat resin, atau plastic. Helm masih menurut Wikipedia biasanya digunakan sebagai perlindungan kepala untuk berbagai aktivitas pertempuran (militer), atau aktivitas sipil seperti olahraga, pertambangan, atau berkendara.
Fungsi helm penting dalam keselamatan berkendara terutama untuk melindungi kepala dari benturan saat terjadi kecelakaan. Selain shell atau tempurung luar helm, sistem pengikat helm atau retention system juga punya peran sangat signifikan untuk menjaga helm agar tidak terlepas dari kepala saat terjadi kecelakaan.
Eksekutif Director RSV Helmet, Richard Ryan mengatakan, banyak helm pengendara motor terlepas saat terjadi kecelakaan. Ini terjadi karena salah ukuran. "Memilih helm harus mengikuti ukuran kepala si pengendara. Jangan terlalu sempit karena akan membuat kepala sakit dan pusing, tapi juga jangan kebesaran. Kalau bisa pas dan nyaman saat dipakai," ujar Richard, seperti dikutip dari iNews.id. Richard menyarankan untuk membeli helm di tokonya secara langsung, agar bisa dicoba terlebih dahulu. Namun, jika ingin membeli secara online, ukurannya disesuaikan dengan helm yang sebelumnya digunakan. "Kalau belinya on the spot, kita bisa mencoba helm terlebih dahulu. Tapi kalau beli online, sebaiknya melihat ukuran helm yang sebelumnya dipakai, misalnya XL maka belinya pun harus XL," tambah Richard Ryan.

Photo : rsvhelmet.com