Kamis, 16 Mei 2019

Apakah Helm Yang Pernah Terjatuh Boleh Dipakai Kembali?

Perubahan bentuk shell dan EPS di helm sangat berpengaruh pada tingkat keamanan helm tersebut. Shell pada helm sebenarnya memiliki sifat elastis sehingga saat terjatuh dan atau terbentur ia akan kembali pada bentuknya semula, namun hal tersebut tidak akan berlaku pada EPS helm.
Saat terjadi benturan terhadap EPS maka EPS akan berubah bentuk atau penyok sehingga akan membuat adanya rongga diantara shell dan EPS di helm yang akan berakibat pada menurunnya daya serap EPS terhadap benturan. Sehingga saat terjadi benturan kembali maka EPS tidak akan dapat meredam daya benturan itu dengan maksimal sehingga akan sangat berbahaya bagi keselamatan pemakainya saat terjadi benturan atau kecelakaan.
Oleh karena itu helm yang pernah terjatuh, terbentur atau terlibat pada kecelakaan dan mendapatkan daya benturan maka sebaiknya helm tersebut tidak digunakan lagi karena akan sangat riskan terhadap keamanan dan keselamatan pemakainya saat terjadi kecelakaan karena kita mungkin tidak akan pernah tahu seberapa merusaknya benturan sebelumnya telah merusak struktur EPS helm tersebut.

Photo : Novi Eko Cahyanto
Bergabunglah dengan menjadi anggota Komunitas Helmet Squad dengan cara mendaftar melalui menu "Mendaftar Sebagai Anggota Helmet Squad" di situs HelmetSquad.com ini. Situs HelmetSquad.com dapat pula diakses melalui alamat situs HelmetLoversIndonesia.com Untuk menghubungi kami di Helmet Squad dapat melalui alamat email : office@helmetsquad.com Helmet Squad - Helmet Squad Indonesia - Helmet Lovers - Helmet Lover Indonesia