Kamis, 04 April 2019

Sejarah Asal Usul Helm Untuk Berkendara Motor

Asal-usul helm untuk berkendara motor dapat dirunut dari trek balap Brooklands pada awal 1914 (Motor Cycle Magazine, 1922) di mana petugas medis, Dr Eric Gardner, memperhatikan bahwa dia menemui kasus pengendara sepeda motor dengan cedera kepala setiap 2 minggu. Dia menyuruh seseorang bernama Moss dari Bethnal Green untuk membuat helm dari kanvas dan shellac yang cukup kuat untuk menahan benturan keras.
Dia mempresentasikan desain helmnya di Auto-Cycle Union di mana ia dan idenya pada awalnya dikritik, walaupun kemudian idenya tersebut digunakan di balapan Isle of Man TT 1914, meskipun ada protes dari para pembalap. Gardner kemudian membawa 94 helm hasil idenya itu bersamanya ke Isle of Man, dan kemudian ada seorang pembalap yang menabrak gerbang dengan keras dan rupanya diselamatkan oleh helm Gardner itu. Dr Gardner kemudian menerima surat dari petugas medis Isle of Man yang menyatakan bahwa setelah balapan T.T. mereka biasanya memiliki "beberapa kasus gegar otak akibat kecelakaan" tetapi pada tahun 1914 tidak ada laporan kasus gegar otak seperti itu.
Pada Mei 1935, T. E. Lawrence atau dikenal sebagai Lawrence of Arabia mengalami kecelakaan di Brough Superior SS100 di jalanan sempit dekat pondoknya dekat Wareham. Kecelakaan itu terjadi karena ia berusaha menghindari tabrakan dengan dua anak laki-laki yang sedang bersepeda. Berbelok untuk menghindari mereka, Lawrence kehilangan kendali dan terlempar dari motornya (Paul Harvey, 2006). Dia tidak mengenakan helm, dan menderita cedera kepala serius yang membuatnya koma, dia kemudian meninggal setelah enam hari dirawat di rumah sakit. Salah satu dokter yang mengunjunginya adalah Hugh Cairns, seorang ahli bedah saraf, yang setelah kematian Lawrence memulai penelitian panjang tentang apa yang dilihatnya sebagai kehilangan nyawa yang tidak perlu dari pengendara sepeda motor yang meninggal dunia karena cedera kepala. Penelitian Cairns menyebabkan meningkatnya penggunaan helm oleh pengendara sepeda motor baik militer maupun sipil (OUP Academic, 2018).

Sumber :
"How the crash helmet originated", Motor Cycle Magazine, June 22nd, 1922;
Paul Harvey, The Rest of the Story, KGO 810AM, August/September 2006;
"Neurosurgery – Oxford Academic". OUP Academic. Retrieved 10 April 2018.

Photo : wikimedia.org
Lawrence of Arabia