Jangan Sembarangan Memodifikasi Tali Retention Helm

Fungsi helm penting dalam keselamatan berkendara terutama untuk melindungi kepala dari benturan saat terjadi kecelakaan. Selain shell atau tempurung luar helm, sistem pengikat helm atau retention system juga punya peran sangat signifikan untuk menjaga helm agar tidak terlepas dari kepala saat terjadi kecelakaan.
Belakangan ini banyak meminat helm yang berusaha mengganti tali retention helmnya yang sebelumnya hanya menggunakan Quick Release Buckle ataupun Microlock menjadi jenis DD Ring karena dirasa DD Ring akan membuat helm terlihat lebih keren. Padahal pengguna helm harus tahu bahwa modifikasi tali retention di helm tersebut tidak diperbolehkan.
Alasannya yaitu kalau tali retention di helm diganti, pemilik helm tersebut bisa saja tidak tahu dengan pasti bagaimana kualitas pengerjaan dan kualitas bahan yang dipakai untuk membuat tali retention pengganti di helm tersebut. Pada dasarnya, bahan baku tali retention dari pabrikan helm telah mempunyai kualitas yang sudah lulus tes keamanan sehingga tidak perlu diganti dengan tali retention lain yang belum jelas kualitasnya. Pada retention system pengganti, risiko putus bisa terjadi pada talinya dan atau rivetnya dapat terlepas karena terpasang tidak cukup kuat. Hal seperti itu biasanya sudah diperhitungkan dengan detail dan seksama oleh pabrikan helm sehingga penggantian tali retention pada helm yang dikerjakan oleh selain pabrikan helm adalah hal yang sangat tidak direkomendasikan.

Photo : whyarai.co.uk, motorcyclegear.com, dan walmartimages.com