Senin, 04 Maret 2019

Material Yang Aman Sebagai Visor Helm

Visor adalah lapisan transparan yang terdapat di bagian wajah dari helm yang berfungsi untuk mendukung penglihatan dari pengguna helm dan melindungi pengendara dari kotoran dan atau benda keras saat berkendara menggunakan helm tersebut.
“Aman atau tidaknya visor yang dipakai ditentukan oleh materialnya. Bukan karena jenisnya seperti flat atau cembung,” ujar Arif Rahman, dari Arf Performance, spesialis helm lawas branded seperti dikutip oleh GridOto.com.
Paling tidak ada dua jenis material yang sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan visor helm yaitu bahan akrilik dan polikarbonat.
Akrilik mulai ditinggalkan sebagai bahan baku pembuatan visor helm dikarenakan rentan pecah saat terkena benturan. Sebaliknya, polikarbonat mulai banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan visor helm dikarenakan lebih tahan terhadap benturan. Lebih tahannya polikarbonat terhadap benturan membuat polikarbonat lebih aman daripada akrilik. Keunggulan polikarbonat terhadap akrilik memang disertai dengan harga polikarbonat yang lebih tinggi daripada akrilik.

Photo : bellhelmets.com