Bahaya Menggunakan Helm Yang Tidak Sesuai Dengan Ukuran Kepala

Masih banyak pengendara sepeda motor yang belum paham betul akan pentingnya penggunaan helm saat berkendara. Sebagian pengendara kendaraan bermotor merasa pemakaian helm hanya untuk menghindari tilang oleh petugas Kepolisian. Padahal pemakaian helm sangat penting bagi keselamatan pengendara sepeda motor dan penggunaan helm yang tidak tepat malah dapat berakibat buruk bagi keselamatan pemakainya.
Seperti yang kita tahu, helm memiliki rentang ukuran yang bermacam-macam mulai dari ukuran yang kecil sampai ukuran yang besar. Ukuran helm yang dipakai harus disesuaikan dengan ukuran kepala pemakainya.
Seperti dilansir dari Visordown dan dikutip oleh Detik Oto, Transport Research Laboratory (TRL) sedang melakukan penelitian tentang penggunaan helm. Sebelumnya penelitian ini telah dilakukan pada tahun 2014 untuk meningkatkan keselamatan pengendara jika terjadi kecelakaan. Sebuah survei yang sedang berlangsung telah menghasilkan beberapa hasil mengejutkan. Setidaknya 20% responden mengklaim bahwa helm mereka hampir terlepas saat tabrakan. Ini disebabkan oleh fakta bahwa 25% pengendara sepeda motor memiliki helm yang salah ukurannya, setengahnya memakai helm yang ukurannya terlalu besar.
Dari kasus diatas dapat terlihat bahwa helm yang berukuran lebih besar daripada ukuran kepada pemakainya dapat beresiko terlepas saat terjadi kecelakaan.
Sebaiknya saat anda membeli sebuah helm, anda harus benar-benar yakin bahwa helm pilihan anda memiliki ukuran yang tepat dan sesuai dengan ukuran kepala anda sehingga helm tersebut akan benar-benar dapat terlindungi anda saat anda terlibat pada suatu kecelakaan dan memastikan helm yang anda pakai tidak akan terlepas saat anda membutuhkan perlindungannya terutama saat terjadi kecelakaan.

Photo : @karel_abraham17