Volkswagen Siap Jual Aset. Akankah Juga Jual Ducati?

Volkswagen (VW) semakin dekat dengan keputusan untuk menjual aset non-inti, yang akan menyumbang hingga 20 persen dari pendapatan tahunannya, karena harus melakukan restrukturisasi akibat skandal kecurangan emisi diesel yang kemudian harus dibayar mahal oleh VW.
Mengutip dari The Wall Street Journal, Reuters melaporkan bahwa bos Volkswagen Group Matthias Mueller mengungkapkan bahwa pembuat mobil tersebut bekerja untuk menjual divisi yang tidak lagi dipandangnya sebagai bagian penting dari bisnisnya. Mereka yang akrab dengan masalah tersebut mengungkapkan kepada Reuters bahwa penjualan Ducati telah ditunda karena serikat pekerja Jerman menentang langkah tersebut, terutama para pemimpin buruh di dewan pembuat mobil, yang menempati setengah dari 20 kursi. Mueller mengatakan kepada The Wall Street Journal bahwa penjualan Ducati akan memakan waktu karena jumlah oposisi yang besar terhadap penjualan pembuat sepeda motor tersebut.
"Daftar (pelepasan aset) belum ada di rak. Tapi kami tidak akan membiarkan siapa pun memberi tahu kami keputusan mana yang akan kami buat," kata Mueller kepada The Wall Street Journal.
Mueller juga mengungkapkan bahwa setiap pembicaraan mengenai penggabungan Volkswagen dengan FCA adalah hanya sekedar spekulasi, yang menyatakan bahwa produsen mobil Jerman itu sudah besar dan tidak perlu "membengkak lagi".
Bos FCA Sergio Marchionne sebelumnya berusaha memulai pembicaraan dengan General Motors mengenai sebuah merger tapi dihentika setelah beberapa kali mencoba.
Baru-baru ini, dikabarkan bahwa Marchionne melihat potensi merger dengan Volkswagen, meskipun ia kemudian mengungkapkan bahwa FCA tidak sedang dalam pembicaraan dengan siapapun terkait hal ini.
Source and Credit : Reuters, The Wall Street Journal, Motor Trend dan @volkswagen