Porsche Terjun Ke Formula 1 Mulai 2021 Bersama Red Bull

Desas-desus mulai terdengar bahwa Porsche akan memasuki Formula 1 mulai 2021, setelah membeli tim Red Bull dan membuat mesin yang sesuai dengan formula baru yang akan diperkenalkan tahun itu. Belum ada yang mengkonfirmasi atau menolak tapi itu cukup masuk akal.
Red Bull mungkin menganggap bahwa program F1-nya dalam dekade terakhir telah mencapai tujuan pemasarannya dan bahwa ia tidak lagi membutuhkan biaya yang besar untuk menjalankan tim F1. Mereka bisa melanjutkan keikutsertaan mereka di F1 sebagai sponsor tim Porsche yang akan mulai bekerja dan mendapatkan keuntungan dari asosiasi tersebut, namun tanpa biaya besar seperti saat ini.
Rumor mengatakan bahwa tim tetap akan terus dijalankan oleh Christian Horner dari basis yang sama seperti saat ini dan mudah-mudahan masih bersama tim teknis yang sama dengan yang dipimpin oleh Adrian Newey. Tim hanya akan mengubah kepemilikan dan mendapatkan status mesin dari salah satu merek otomotif paling bergengsi di dunia.
Weissach dan Milton Keynes akan terhubung dengan cara yang sama seperti Enstone dan Viry saat ini untuk Renault. Ini akan menjadi perubahan yang fantastis bagi F1 dan Liberty untuk memiliki Porsche sebagai tim F1 penuh untuk pertama kalinya sejak 1962 (saat TAG-Porsche memberikan kemenangan kepada McLaren pada 1984-1987 dan juga V12 yang kurang sukses pada Arrows pada tahun 1991).
Ini juga akan memberi Red Bull potensi untuk kembali ke kemenangan yang sulit dinikmati selama masa pembekuan spesifikasi mesin.
Mark Webber, mantan pengemudi Red Bull dan Porsche dan yang sebelumnya telah menjalin kontrak dengan Horner dalam kepemilikan tim junior, bisa menjadi penghubung antara kedua organisasi tersebut.
Baik Brendon Hartley maupun Neel Jani memiliki koneksi Red Bull, mantan atlet Red Bull masih ada, sementara yang terakhir adalah pembalap ketiga Toro Rosso pada tahun 2006. Helmut Marko dari Red Bull juga memenangkan Le Mans di Porsche 917 pada tahun 1971.
Source and Credit : motorsportmagazine.com dan @porsche