Resmi : Yamaha, Aprilia Dan Suzuki Gunakan "Winglet" Dengan Kedok Aerodynamic Fairing

Winglet sejatinya telah dilarang digunakan di MotoGP mulai musim 2017 ini. Namun para pabrikan tidak kehabisan akal. Mereka tidak mau membuang begitu saja hasil pengembangan teknologi winglet mereka. Beberapa tim berusaha meletakkan teknologi winglet di dalam fairing mereka antara lain Yamaha, Suzuki dan Aprilia. Winglet dari yang sebelumnya adalah part eksterior sekarang menjadi part interior. Maka lahirlah Aerodynamic Fairing.
Aerodynamic fairing milik Yamaha terdiri atas outer duct sebagai eksterior yang ditopang oleh dua penopang. Penopang inilah yang paling banyak berfungsi sebagai part aerodinamikanya. Yamaha berpotensi dapat merubah sudut, ukuran dan bentuk penopang ini untuk mengatur kinerja aerodinamikanya sepanjang musim.
Seperti Yamaha, Aprilia juga menggunakan aerodynamic fairing, namun dengan pendekatan yang sedikit berbeda. Aprilia menggunakan pendekatan Lubang Dengan Winglet (Holes of Winglets) di hidung fairingnya.
Sedangkan Suzuki menggunakan pendekatan yang mirip dengan Yamaha. Hanya berbeda dipeletakkannya saja. Jika penopang Yamaha diletakkan di tengah fairing, Suzuki meletakkannya di moncong fairing mereka.


Sumber Photo :
naikmotor.com
@aleixespargaro
@valeyellow46