Jumat, 22 Februari 2019

Kemungkinan Balapan MotoGP Di Mandalika Indonesia Akan Menjadi Balapan Yang Unik

Beberapa media nasional dan internasional gencar memberitakan akan digelarnya balapan MotoGP di tahun 2021.
Beberapa waktu yang lalu berembus kabar bahwa MotoGP akan digelar di Indonesia yaitu di sirkuit Mandalika Lombok. Kini kabar tersebut berembus lagi bahkan lebih menyakinkan.
“Sudah. Saya menandatangani kontrak pada 29 Januari 2019 di Madrid, Spanyol dengan Dorna Sports,” ungkap Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M. Mansoer seperti dikutip dari Motorsport.com.
“Tetapi memang kami memilih waktu (untuk mengumumkan secara) nasional. Besok (Jumat, 22/02/19) kalau tidak berhalangan, pihak Dorna akan melakukan pengumuman. Kontraknya tiga tahun, mulai (menggelar MotoGP Indonesia) pada 2021. Nama kontraknya Promoter's Agreement. Saat itu, kami memang belum mengumumkan, karena mencari waktu yang tepat. Kalau saya lebih suka menunggu dari pihak Dorna (yang mengumumkan). Lebih lengkap, juga karena mereka bisa lebih mengonfirmasi (hasil pertemuan) yang sudah kami sampaikan,” tambah Abdulbar M. Mansoer seperti dikutip dari Motorsport.com.
Sirkuit MotoGP di Mandalika Lombok akan mengambil konsep sirkuit jalanan. Konsep sirkuit jalanan ini adalah yang pertama kali akan di implementasikan di MotoGP. Sirkuit jalanan ini ketika tidak digunakan untuk balapan akan berubah fungsi menjadi jalanan kawasan. Dan ketika akan digunakan balapan lagi, sirkuit Mandalika Lombok ini akan ditutup lagi dan sepenuhnya akan berfungsi menjadi sirkuit balap begitu seterusnya. Konsep sirkuit Mandalika Lombok ini sangat unik karena sebelumnya belum ada sirkuit di MotoGP yang menganut format sirkuit jalanan seperti ini. Pengerjaan sirkuit jalanan di Mandalika Lombok ini diperkirakan akan memakan waktu 14 bulan dimulai dari bulan September 2019.

Photo : @motogp