Minggu, 06 Januari 2019

Review Helm Shark Drak

Shark Helmet meluncurkan jajaran helm Raw pada tahun 2013, Shark Raw ditujukan untuk pengendara perkotaan.
Nama Shark Raw kemudian diubah menjadi Shark Drak namun helm itu masih helm yang sama.
Desain Shark Drak terlihat sangat kejam, tetapi sebenarnya Shark Drak adalah hanyalah helm open face dengan sepasang kacamata dan masker.  Meskipun hanya helm open face, Shark Drak terlihat sangat mengintimidasi.

Spesifikasi :
- Helm open face dari bahan termoplastik
- Bersertifikat DOT dan ECE
- Dilengkapi dengan kacamata dan masker wajah
- Double-glazed Zeiss lenses
- 2 ukuran shell
- Micrometric fastener (DD ring hanya untuk pasar USA

Keamanan
Shark Drak pada dasarnya adalah helm open face (sering disebut helm 3/4 di AS) sehingga tidak akan pernah memberikan tingkat perlindungan seperti helm full face.
Masker wajah Shark Drak itu terbuat dari karet atau plastik yang fleksibel sehingga dapat memberikan perlindungan yang cukup layak dari material lepas di jalanan, namun Shark Drak mungkin tidak akan memberikan banyak perlindungan jika wajah Anda menyentuh atau menghantam jalanan. Jadi, ketika Anda membeli helm seperti Shark Drak, maka Anda harus menyadari keterbatasan keamanannya.
Shark Drak dibangun dengan kualitas cukup baik dan shell termoplastiknya mampu memberikan perlindungan yang layak (Shark Thermoplastic full face lids-nya bekerja dengan baik dalam tes SHARP) dan Shark Drak mampu meraih sertifikat ECE (Eropa) dan DOT (AS).
Shark Drak dibuat dalam dua ukuran shell dan dirancang untuk memiliki bentuk shell yang kompak, sehingga tidak akan terlihat terlalu besar saat Anda memakainya.

Kekedapan Suara
Shark Drak lebih berisik daripada kebanyakan wajah full face tetapi masdih lebih senyap daripada kebanyakan helm open. Masker wajah dan google di Shark Drak itu tampaknya mampu memperlancar aliran udara dan mengurangi jumlah turbulensi yang disebabkan oleh angin.

Ventilasi
Ventilasi Shark Drak disokong oleh lubang-lubang di masker wajah dan vent di bagian dahi yang cukup besar yang ditutup dengan sumbat karet yang dapat dilepas.
Ventilasi atas menyediakan udara ke helm dan menyalurkannya di sekitar kepala dan melalui lapisan ventilasi, memberikan tingkat ventilasi yang cukup ke area kulit kepala.
Tentu saja, Shark Drak adalah helm open face sehingga Anda dapat melepas goggle dan masker wajah jika Anda mau dan mendapatkan aliran udara ke wajah sebanyak yang Anda inginkan. Ventilasi Shark Drak cukup bagus.
Goggle Shark Drak memiliki lubang ventilasi di bawahnya dan itu membantu menjaga mata Anda tetap segar dan bagian dalam kacamata bebas kabut.

Goggles dan Face Mask
Face mask atau masker wajah Shark Drak menempel langsung ke bagian bawah gogglenya tetapi dapat dilepas jika Anda ingin menggunakan helm tanpa face mask.
Anda bahkan dapat melepas side pod helm ini dan melepas goggle sepenuhnya jika Anda mau untuk menggunakannya seperti helm open face pada umumnya.
Faktanya Shark Drak hanya disetujui untuk digunakan sebagai helm open face daripada full face (disebut dual-homologation) jadi jangan terbuai dengan berpikir bahwa Shark Drak itu lebih aman daripada yang sebenarnya. Shark Drak hanya bersertifikat DOT dan ECE 22.05 saja tanpa sertifikat SHARP.
Goggle Shark Drak berlapis kaca, anti gores dan memiliki lapisan anti-kabut di bagian belakangnya. Lensanya dibuat oleh Cark Zeiss dan kualitasnya bagus.

Kenyamanan dan Ukuran
Bagian dalam Shark Drak adalah berteknologi moisture wicking and hypoallergenic dan terbuat dari serat alam. Bagian ini juga bisa dilepas dan dicuci dan memiliki alur untuk pemakaian kacamata, bagian ini beralur di lapisannya sehingga batang kacamata tidak menekan ke kepala Anda.
Ukuran shell Shark Drak relatif kecil.

Jika Anda ingin memasangkan perangkat bluetooth, ini Shark Drak ada Sharktooth communicator dan ada kantong speaker di helm ini sehingga dapat bekerja dengan perangkat bluetooth dari pihak ke-3 juga, tergantung yang mana yang Anda miliki.

Tampilan dan Grafik
Shark Drak adalah helm yang mencolok. Dan karenanya terlihat begitu mengintimidasi serta keren. Shark Drak dilengkapi dengan beragam grafik yang sesuai dengan suasana hati, perkotaan dan militeristik.

Photo : Shark Helmet

NB. Fitur mungkin berbeda.