Kamis, 03 Januari 2019

5 Langkah Untuk Mendapatkan Helm Yang Tepat

Jalan raya adalah jalan yang terlalu panjang untuk berkendara dengan helm yang salah. Berikut ini adalah beberapa tips untuk memastikan agar Anda mendapatkan helm yang tepat untuk berkendara

1. Temukan ukuran helm yang pas
Ini mungkin terdengar seperti hal yang sepele, tetapi dapat sangat mengejutkan bagi pengendara yang menggunakan helm yang salah ukuran. Jika helm Anda membuat Anda sakit kepala, kemungkinan itu terlalu ketat. Jika bergeser di kepala Anda atau terangkat saat berkendara atau terasa sangat bising, kemungkinan terlalu longgar dan pada akhirnya, helm itu tidak akan melindungi Anda dengan baik jika terjadi benturan.
Tempat terbaik untuk memilih helm adalah dengan menuju ke dealer helm dan mencoba beberapa helm disana, kemudian bertanya pada seorang anggota staf yang terlatih yang akan dapat memberi tahu Anda tentang apakah helm itu terlalu ketat atau tidak.
Biasanya setiap produsen helm mengeluarkan produknya dengan beragam ukuran, mulai dari XS, S, M, L, XL dan XXL. Ukuran tersebut diukur berdasarkan lingkar kepala pemakainya. Helm dengan ukuran XS adalah untuk pengendara yang memiliki lingkar kepala 53 – 54 cm, S untuk lingkar kepala 55 – 56 cm, M untuk lingkar kepala 57 – 58 cm, L untuk lingkar kepala 59 – 60 cm, XL untuk lingkar kepala 61 – 62 cm dan XXL untuk ukuran lingkar kepala 63 – 64 cm.

2. Memilih helm tidak hanya tentang tampilan
Sekali lagi, ini mungkin terdengar seperti hal yang sepele tetapi tidak semua pemilihan helm adalah tentang tampilan. Ini juga tentang apa beruntukan calon helm Anda. Pikirkan kapan, di mana dan bagaimana Anda akan berkendara dan temukan model helm yang akan memenuhi kebutuhan Anda itu apakah off road helmet, street helmet, city helmet, half face, full face atau helm racing. Semua harus sesuai dengan jalan yang akan Anda lalui.

3. Pilihlah helm yang menjaga kepala Anda tetap dingin
Pikirkan ventilasi helm ketika Anda memilih helm untuk memastikan kepala Anda tetap pada suhu yang nyaman. Ventilasi di helm akan menemukan cara terbaik untuk mendapatkan udara dingin dan mengeluarkan udara panas, menjaga kepala Anda tetap nyaman dan bebas keringat.

4. Jika Anda berkacamata pilihlah helm yang ramah dengan kacamata
Beberapa tipe helm telah dirancang dengan fitur ramah kacamata (Glasses Fit). Jika Anda berkacamata, Anda harus memiliki tipe helm seperti ini.

5. Timbang
Perhatikan berat helm yang akan Anda miliki. Helm yang ringan dapat membantu mencegah tegang pada area leher Anda, terutama ketika Anda menempuh jarak yang jauh untuk sekali jalan.

6. Perhatikan standar keamanan helm

Photo : Revzilla

NB. Fitur mungkin berbeda.