Kamis, 20 Desember 2018

Doohan : "Jika Marc (Marquez) Kalah Dari (Jorge) Lorenzo, Itu Kemenangan Bersama"

“Jika Lorenzo ada di depannya Marc Marquez, itu tidaklah berbeda dengan Pedrosa yang ada di depannya atau motor lain.”
“Di penghujung hari, Anda harus melakukan hari demi hari. Saya pikir dari mana kekuatan akan datang adalah karena ada dua gaya yang berbeda dan kedua orang itu sangat kuat secara mental, dan saya pikir mereka harus mampu membangun Honda ke posisi yang jauh lebih kuat, memiliki dua orang dengan bakat seperti itu di Honda. Itu hanya akan membantu mengembangkan Honda ke level lain. Orang-orang mengeluh tentang Honda, itu hanya akan menjadi lebih buruk karena Honda akan semakin kuat!”

Dan akankah kita melihat Marquez atau Lorenzo yang baru di 2019?

"Saya tidak tahu tapi pasti, Lorenzo dalam posisi yang sulit secara mental untuk dirinya sendiri, tapi itu bagus untuknya karena dia sekarang harus mengalahkan Marc untuk menempatkan dirinya di jalan cerita yang sama seperti Marc," kata Doohan seperti dikutip oleh MotoGP.
“Dia sekarang punya mesin yang sama (seperti Marc Marquez), itu seperti ketika Eddie Lawson bergabung dengan Honda, mengatakan 'jika Anda punya motor (Honda), Anda tidak akan berada di dekat saya blablabla …', dan kemudian Wayne Gardner datang dengan Honda dan memenangkan Kejuaraan.
“Jadi tidak ada lagi omong kosong, 'oke, ayo balapan'. Saya pikir ini adalah salah satu alasan mengapa Jorge telah mengambil tantangan itu, untuk melihat sendiri, untuk melihat apakah dia mampu berlari bersamanya, tetapi juga secara mental untuk mendorong dirinya ke bagian selanjutnya dari karir balapnya untuk menantang dirinya untuk bersaing di platform yang sama dengan Marc, tapi saya pikir pemenangnya adalah Honda. Tapi mudah-mudahan akan ada balapan yang bagus di antara mereka, dua gaya berbeda.”

Marc di bawah tekanan lebih dari Jorge? Karena Jorge nothing to lose?

“Saya pikir keduanya,” kata Doohan.
“Jorge tidak punya alasan lagi, dia punya motor yang sama dengan Marc. Tetapi satu-satunya hal adalah Marc memiliki sejarah dengan Honda, tahu cara bekerja dengan mereka semua tapi Lorenzo adalah pembalap yang kuat, pembalap yang cepat dan pembalap yang cerdas jadi saya pikir beradaptasi dengan cara kerja Honda akan relatif mudah. Tetapi tidak ada lagi ‘Saya harap saya punya ...’ atau jika saja, ini adalah platform yang sama dan begitulah cara Anda mengatur motor.
“Jika Marc kalah dari Lorenzo, itu hanya kemenangan bersama karena itu hanya akan mendorong mereka berdua untuk mengembangkan diri dengan lebih baik dengan motor, tetapi bagi saya pribadi saya pikir Lorenzo berada di posisi di mana dia perlu bekerja. Dia telah berpacu melawan Marc sekarang untuk beberapa musim, lima atau enam, jadi dia tahu betapa kuatnya Marc secara mental dan kemampuannya pada motornya, jadi dia tahu betapa sulitnya dia harus bekerja untuk bersaing dengan dia (Marc Marquez) di mesin yang sama. ”

Photo : MotoGP